Pages

Sabtu, 23 November 2013

ETIKA MENJADI JURNALISME ONLINE



JURNALISME ON-LINE
(Untuk Menulis berita di website)

·         Media On-Line lahir sebagai bentuk “konvergensi media” dengan dukungan teknologi internet secara massif yang menyajikan lebih komperhensif baik secara konten, cover face maupun daya jangkauannya.
·         Jurnalisme on-line, audience bisa memilih berita yang ingin didapatkannya
·         Jurnalisme on-line, memungkinkan bagi tim redaksi untuk menyertakan teks, suara, gambar, video, dan komponen lainnya di dalam berita yang akan diterima oleh audience
·         Kaidah 5W+1H bisa diabaikan. Artinya dalam suatu konteks berita, kaidah tersebut cukup satu atau dua saja untuk ditampilkan sebagai berita on-line
·         Jurnalime on-line adalah jurnalisme judul. Karena sifatnya yang ringkas, cepat dan akurat , maka JUDUL dalam berita On-Line harus “eye catching”. Sehingga judul-judul dalam berita on-line bisa dikemas secara “ dramatis, bombastis, “nakal”, namun tetap cerdas.
·         Tetap berpegang pada kode etik (tidak SARA, dll)
·         Salah satu produk jurnalisme on-line adalah SHARE and DISCUSSION SITES. Situs semacam ini bisa dibilang memanfaatkan potensi internet, sebagai sarana untuk bertukar ide, cerita, dan sebagainya. Kadang-kadang dipilih suatu tema spesifik, seperti : berita-berita tentang treasury.

0 komentar:

Posting Komentar